GALAKSI (Generasi Aktif, Literatif, Adaptif, Kreatif, Solid dan Inspiratif) merupakan tema yang di usung pada kegiatan PLS (Pengenalan Lingkungan Sekolah) Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2022/2023, yang digelar di kampus SMAN 1 Ciwidey.

Kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) di sekolah merupakan kegiatan pertama masuk Sekolah untuk mengenalkan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep, pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur Sekolah.

Kegiatan PLS dilaksanakan dari tanggal 18 – 21 Juli 2022 dengan materi yang telah di susun menyesuaikan dengan materi dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat yang meliputi pengenalan sekolah, kurikulum Merdeka, materi tolak kekerasan, sekolah ramah anak, peserta didik sadar hukum, tertib berlalu lintas, sekolah sehat, anti narkoba dan muatan lokal sebagai materi tambahan dari bagian dari diversifikasi kurikulum, sehingga terjadi simultan materi pada kegiatan tersebut, dan dapat saling melengkapi satu sama lainnya.

Pembukaan PLS dipimpin langsung oleh Bapak Drs. Adi Sumiarto, M.M.Pd. (Kepala Sekolah) dan dihadiri oleh seluruh civitas akademika SMAN 1 Ciwidey. Kegiatan PLS bertujuan untuk menguatkan para siswa dalam membina pengetahuan tentang lingkungan sekolah di SMAN 1 Ciwidey.