• Identitas Sekolah
  • Nama Sekolah              : SMA Negeri 1 Ciwidey
  • NSS                                  : 301.02.0820.120
  • NPSN                               : 20206213
  • Status                             : Negeri
  • Alamat Sekolah            : Jl. Babakantiga No. 125 Ciwidey
  • Provinsi                           : Jawa Barat
  • Kabupaten/Kota          : Kabupaten Bandung
  • Kecamatan                   : Ciwidey
  • Desa                                : Panyocokan
  • Kode Pos                        : 40973
  • Telepon                          : (022) 5928143
  • E-mail                             : sman1ciwidey.info@gmail.com
  • Website                          : www.sman1ciwidey.sch.id
  • Instagram                      :@sman1ciwidey_official
  • Identitas Kepala Sekolah
1.Nama Lengkap:Arif Hardiana, M. Pd
2.NIP:19731006 200003 1 004
3.Jabatan:Guru Muda
4.Pangkat dan Golongan:Penata Tingkat 1 dan III d
5.Tempat, Tgl Lahir:Bandung, 06 Oktober 1973
6.Alamat:Bbk Pasundan Banjaran 5/5 Banjaran Kulon Banjaran Komp. Grand Laswi 19 J Baleendah Kab. Bandung
    
7.Email:arifhardiana9@gmail.com
8.Media Sosial Yang dimiliki:WA, IG (4riff73), Twitter, FB, Line
  • Riwayat Kepala Sekolah di SMA Negeri 1 Ciwidey
NoNama Kepala SekolahMasa Jabatan
1Amaj Rachman, BA1990-1994
2Dra. Hj. Jajah Rumilah1994-1997
3Drs. Asep Ikhsan1997-1999
4Hj. Nani Permana Samdja, S.Pd.1999-2002
5Drs. Tjahra Sumpena2002-2002
6Drs. Suhendan Suhala, M.MPd.2002-2006
7H. Totong Syamsudin, S.Pd.Msi.2006-2010
8Drs. H. Maman Syaeful Rochman2010-2014
9Drs. Taufik Rachmat, MM.2014-2019
10H. Dudi Rohdiana, S.Pd.MM.2019-2020
11Drs. H. Nunung Sumirat, MM.2020-2020
12Arif Hardiana, M.Pd.2020-sekarang
  • Visi dan Misi Sekolah
  • Visi

Dalam usaha mewujudkan tujuan pendidikan nasional sekolah harus menyusun Visi dan Misi Sekolah. Untuk mencapainya diperlukan program kerja yang baik dan berkelanjutan. Visi SMA N 1 Ciwidey adalah :

“Teguh dalam IMTAQ, Unggul dalam Mutu dan Kompetitif dalam Prestasi”
  • Misi
  • Melaksanakan Kegiatan Pembinaan Keimanan dan Ketaqwaan
  • Mengembangkan Budi Pekerti yang Luhur
  • Meningkatkan Kualitas Manajemen, Pembelajaran dan Peserta Didik
  • Mengembangkan Kegiatan Pembelajaran yang Efektif, Efisien,  dan Bermakna
  • Melaksanakan Kegiatan dan Pelatihan Sesuai Minat, Bakat, dan Kemampuan
  • Tantangan SMA Negeri I Ciwidey

SMA Negeri 1 Ciwidey merupakan sekolah yang berada di wilayah Kabupaten Bandung yang posisinya berada pada daerah dataran tinggi, sehingga sekolah ini berada di daerah sub urban yang masyarakatnya memiliki karakter tersendiri. Oleh karena itu untuk mengembangkan sekolah ini diperlukan perencanaan yang lebih khusus dan komprehensif,  karena sekolah ini memiliki tantangan yang spesifik, antara lain :

  1. Adanya ketimpangan dengan sekolah maju yang ada  merupakan tantangan nyata yang dihadapi, agar segera mensejajarkan bahkan bila memungkinkan dalam bidang-bidang tertentu mampu mengunggulinya.
    1. Masih kurangnya sarana dan prasarana, misalnya ruang kelas, ruang / sanggar kegiatan siswa (seni), peralatan kantor, peralatan pembelajaran dan lain-lain sebagainya, merupakan tantangan yang harus disikapi dengan seksama agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan lancar.
    1. Tenaga kependidikan tetap masih kurang baik kuantitas maupun kualitasnya, dan tenaga yang ada rata-rata relatif belum dapat menangani berbagai urusan ketatausahaan, hal ini memerlukan perhatian tersendiri. Untuk itulah diperlukan manajemen partisipatif agar potensi yang dimiliki dapat  berkembang dengan baik.
    1. Tenaga administrasi dan penjaga sekolah juga masih kurang, tetapi kekurangan ini ditutup dengan tenaga administrasi tidak tetap yang jumlahnya cukup banyak yaitu 12 orang. Hal ini cukup membebani pembiayaan rutin sekolah, sedang bila akan dikurangi mereka rata-rata telah berjuang sejak sekolah baru berdiri.
    1. Intake siswa / rata-rata siswa yang masuk adalah siswa rangking menengah. Di samping itu kebanyakan latar belakang ekonomi orang tuanya juga menengah ke bawah. Kondisi ini merupakan tantangan tersendiri untuk dapat membimbing siswa agar dapat berkembang sesuai dengan potensi yang dimiliki.
    1. Kerjasama dengan berbagai pihak belum dapat dilaksanakan secara optimal. Untuk itu selalu diusahakan terobosan-terobosan baru untuk menggalang kerjasama dengan berbagai pihak agar diperoleh dukungan yang signifikan bagi pengembangan sekolah.
    1. Makin berkembangnya SMA/SMK Swasta yang ada dilingkungan SMA Negeri 1 Ciwidey, mengakibatkan perlu adanya pembenahan dan peningkatan sarana prasarana sehingga dapat bersaing dan menarik minat peserta didik untuk melanjutkan pendidikan di SMA Negeri 1 Ciwidey.
    1. Banyaknya SMP/MTs yang berada dilingkungan SMA Negeri 1 Ciwidey yang mencakup 3 wilayah kecamatan, yaitu Kecamatan Rancabali, Kecamatan Ciwidey dan Kecamatan Pasirjambu, sebagian besar melanjutkan di SMA Negeri 1 Ciwidey, memerlukan adanya perhatian khusus dalam penyediaan rombongan belajar (rombel) yang dilaksanakan, berimbas pada peningkatan dan penambahan sarana ruang belajar.
  • Strategi

Langkah-langkah penting dalam melakukan strategi untuk mewujudkan Visi yang sesuai dengan Misi sekolah, disusun berdasarkan dengan bidang garapan kegiatan-kegiatan disekolah, meliputi umum, kurikulum, kesiswaan, ketenagaan, sarana dan prasarana, pengelolaan keuangan, hubungan sekolah dengan masyarakat.

  1. Umum
  2. Struktur Organisasi
  3. Mencari imformasi dari Kantor Wilayah Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat untuk mengetahui struktur organisasi sekolah.
  4. Menempatkan personal dengan memperhatikan kemampuan dan pemerataan kesempatan.
  5. Menyusun pembagian tugas dan tata kerja ynag sesuai dengan struktur organisasi.
  6. Mengadakan evaluasi pelaksanaan tugas setiap personal staf (wakasek, Seksi, Wali kelas, Pembina dan guru serta Tata usaha).
  7. Mengadakan rotasi jabatan staf agar semua staf memiliki keterampilan minimal di bidang garapan.
  8. Meningkatkan resafel staf untuk memberi kesempatan kepada personal lain, agar setiap personal memperoleh pengalaman mengelola kegiatan.
  • Meningkatkan Pengetahuan, Kesadaran Personal Terhadap Tugas dan Tanggung Jawab.
  • Penjelasan yang terperinci mengenai arti tugas, wewenang serta tanggung jawab yang dipikul oleh setiap personal.
  • Penilian terhadap dampak pelimpahan wewenang tanggung jawab personal atas pelaksanaan tugas staf.
  • Mengadakan buku-bku sumber, juklak bidang garapan masing-masing staf.
  • Melaksanakan pembinaan secara terus menerus terhadap personal dalam melaksankan tugasnya.
  • Mengikutsetakan personal dalam pelatihan, penataran sesuai dengan bidang garapannya.
  • Mengadakan rotasi penugasan personal agar setiap personal dapat melaksankan tugas personal lain apabila personal lain berhalangan hadir.
  • Membina secara khusus kepada personal yang sering mengabaikan tugasnya.
  • Evaluasi  Rencana Program Sekolah
    • Konsultasi dengan Pengawas Pembina dan Staf Dinas Pendidikan melalui Supervisi administrasi dan supervisi kegiatan.
    • Menugaskan   Wakasek  untuk mengevaluasi setiap program apakah dapat dilaksanakan atau tidak, serta dapat diinventarisir kendala-kendalanya
  • Data Pendidik dan Tenaga Kependidikan
  1. Data Pendidik berdasarkan pendidikan
Jenis KelaminPendidikanJumlah
S2S1D3
L429134
P53035
Jumlah959169
  1. Data Pendidik berdasarkan status kepegawaian
Jenis KelaminStatus kepegawaianJumlah
PNSNON-PNS
L27734
P251035
Jumlah521769
  1. Data Pendidik berdasarkan golongan
Jenis KelaminGolongan/RuangJumlah
IV/bIV/aIII/cIII/bIII/a
L71211627
P611825
Jumlah1323111452
  1. Data Tenaga Kependidikan/TU berdasarkan  pendidikan
Jenis KelaminPendidikanJumlah
S1D3SMASMP
L14317
P246
Jumlah218323
  1. Data Tenaga Kependidikan/TU berdasarkan status kepegawaian
Jenis KelaminStatus kepegawaianJumlah
PNSNON-PNS
L21517
P156
Jumlah32023
  1. Data Tenaga Kependidikan/TU berdasarkan golongan
Jenis KelaminGolongan/RuangJumlah
II/aII/b
L22
P11
Jumlah123
  1. Data Sarana dan Prasarana Sekolah
  2. Tanah dan Bangunan
No.SaranaStatus KepemilikanBukti KepemilikanLuas ( m2 )
1.TanahHak miliksertifikat9307 m2
2.BangunanMilik Negarasertifikat2595 m2
3.PekaranganHak miliksertifikat314 m2
  1. Gedung dan Ruang penunjang lainnya
NoNamaJumlah
1Ruang Kelas36
2Lab. Komputer1
3Lab. IPA2
4Ruang BP/BK1
5Ruang Kepala Sekolah1
6Ruang Kasubag TU1
7Ruang Wakasek1
8Ruang Guru1
9Ruang TU1
10Ruang Perpustakaan1
11Ruang Percetakan/Risso1
12Ruang Koperasi/Fotokopy1
13Ruang Ekstrakurikuler6
14Masjid1
15Kantin5
16WC. Kepala sekolah1
17WC. Guru2
18WC. TU1
19WC. Siswa20
  • Data Siswa
  1. Jumlah Rombel dan Jumlah Siswa Tahun Pelajaran 2020/2021
KelasJumlah RombelJumlah siswaMIPAIPS
X12421216205
XI12425215210
XII12412207205
Jumlah361258638620