Bbk Pasundan Banjaran 5/5 Banjaran Kulon Banjaran Komp. Grand Laswi 19 J Baleendah Kab. Bandung
7.
Email
:
arifhardiana9@gmail.com
8.
Media Sosial Yang dimiliki
:
WA, IG (4riff73), Twitter, FB, Line
Riwayat Kepala Sekolah di SMA Negeri 1 Ciwidey
No
Nama Kepala Sekolah
Masa Jabatan
1
Amaj Rachman, BA
1990-1994
2
Dra. Hj. Jajah Rumilah
1994-1997
3
Drs. Asep Ikhsan
1997-1999
4
Hj. Nani Permana Samdja, S.Pd.
1999-2002
5
Drs. Tjahra Sumpena
2002-2002
6
Drs. Suhendan Suhala, M.MPd.
2002-2006
7
H. Totong Syamsudin, S.Pd.Msi.
2006-2010
8
Drs. H. Maman Syaeful Rochman
2010-2014
9
Drs. Taufik Rachmat, MM.
2014-2019
10
H. Dudi Rohdiana, S.Pd.MM.
2019-2020
11
Drs. H. Nunung Sumirat, MM.
2020-2020
12
Arif Hardiana, M.Pd.
2020-sekarang
Visi dan Misi Sekolah
Visi
Dalam usaha mewujudkan tujuan pendidikan nasional sekolah harus menyusun Visi dan Misi Sekolah. Untuk mencapainya diperlukan program kerja yang baik dan berkelanjutan. Visi SMA N 1 Ciwidey adalah :
“Teguh dalam IMTAQ, Unggul dalam Mutu dan Kompetitif dalam Prestasi”
Misi
Melaksanakan Kegiatan Pembinaan Keimanan dan Ketaqwaan
Mengembangkan Budi Pekerti yang Luhur
Meningkatkan Kualitas Manajemen, Pembelajaran dan Peserta Didik
Mengembangkan Kegiatan Pembelajaran yang Efektif, Efisien, dan Bermakna
Melaksanakan Kegiatan dan Pelatihan Sesuai Minat, Bakat, dan Kemampuan
Tantangan SMA Negeri I Ciwidey
SMA Negeri 1 Ciwidey merupakan sekolah yang berada di wilayah Kabupaten Bandung yang posisinya berada pada daerah dataran tinggi, sehingga sekolah ini berada di daerah sub urban yang masyarakatnya memiliki karakter tersendiri. Oleh karena itu untuk mengembangkan sekolah ini diperlukan perencanaan yang lebih khusus dan komprehensif, karena sekolah ini memiliki tantangan yang spesifik, antara lain :
Adanya ketimpangan dengan sekolah maju yang ada merupakan tantangan nyata yang dihadapi, agar segera mensejajarkan bahkan bila memungkinkan dalam bidang-bidang tertentu mampu mengunggulinya.
Masih kurangnya sarana dan prasarana, misalnya ruang kelas, ruang / sanggar kegiatan siswa (seni), peralatan kantor, peralatan pembelajaran dan lain-lain sebagainya, merupakan tantangan yang harus disikapi dengan seksama agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan lancar.
Tenaga kependidikan tetap masih kurang baik kuantitas maupun kualitasnya, dan tenaga yang ada rata-rata relatif belum dapat menangani berbagai urusan ketatausahaan, hal ini memerlukan perhatian tersendiri. Untuk itulah diperlukan manajemen partisipatif agar potensi yang dimiliki dapat berkembang dengan baik.
Tenaga administrasi dan penjaga sekolah juga masih kurang, tetapi kekurangan ini ditutup dengan tenaga administrasi tidak tetap yang jumlahnya cukup banyak yaitu 12 orang. Hal ini cukup membebani pembiayaan rutin sekolah, sedang bila akan dikurangi mereka rata-rata telah berjuang sejak sekolah baru berdiri.
Intake siswa / rata-rata siswa yang masuk adalah siswa rangking menengah. Di samping itu kebanyakan latar belakang ekonomi orang tuanya juga menengah ke bawah. Kondisi ini merupakan tantangan tersendiri untuk dapat membimbing siswa agar dapat berkembang sesuai dengan potensi yang dimiliki.
Kerjasama dengan berbagai pihak belum dapat dilaksanakan secara optimal. Untuk itu selalu diusahakan terobosan-terobosan baru untuk menggalang kerjasama dengan berbagai pihak agar diperoleh dukungan yang signifikan bagi pengembangan sekolah.
Makin berkembangnya SMA/SMK Swasta yang ada dilingkungan SMA Negeri 1 Ciwidey, mengakibatkan perlu adanya pembenahan dan peningkatan sarana prasarana sehingga dapat bersaing dan menarik minat peserta didik untuk melanjutkan pendidikan di SMA Negeri 1 Ciwidey.
Banyaknya SMP/MTs yang berada dilingkungan SMA Negeri 1 Ciwidey yang mencakup 3 wilayah kecamatan, yaitu Kecamatan Rancabali, Kecamatan Ciwidey dan Kecamatan Pasirjambu, sebagian besar melanjutkan di SMA Negeri 1 Ciwidey, memerlukan adanya perhatian khusus dalam penyediaan rombongan belajar (rombel) yang dilaksanakan, berimbas pada peningkatan dan penambahan sarana ruang belajar.
Strategi
Langkah-langkah penting dalam melakukan strategi untuk mewujudkan Visi yang sesuai dengan Misi sekolah, disusun berdasarkan dengan bidang garapan kegiatan-kegiatan disekolah, meliputi umum, kurikulum, kesiswaan, ketenagaan, sarana dan prasarana, pengelolaan keuangan, hubungan sekolah dengan masyarakat.
Umum
Struktur Organisasi
Mencari imformasi dari Kantor Wilayah Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat untuk mengetahui struktur organisasi sekolah.
Menempatkan personal dengan memperhatikan kemampuan dan pemerataan kesempatan.
Menyusun pembagian tugas dan tata kerja ynag sesuai dengan struktur organisasi.
Mengadakan evaluasi pelaksanaan tugas setiap personal staf (wakasek, Seksi, Wali kelas, Pembina dan guru serta Tata usaha).
Mengadakan rotasi jabatan staf agar semua staf memiliki keterampilan minimal di bidang garapan.
Meningkatkan resafel staf untuk memberi kesempatan kepada personal lain, agar setiap personal memperoleh pengalaman mengelola kegiatan.
Meningkatkan Pengetahuan, Kesadaran Personal Terhadap Tugas dan Tanggung Jawab.
Penjelasan yang terperinci mengenai arti tugas, wewenang serta tanggung jawab yang dipikul oleh setiap personal.
Penilian terhadap dampak pelimpahan wewenang tanggung jawab personal atas pelaksanaan tugas staf.
Mengadakan buku-bku sumber, juklak bidang garapan masing-masing staf.
Melaksanakan pembinaan secara terus menerus terhadap personal dalam melaksankan tugasnya.
Mengikutsetakan personal dalam pelatihan, penataran sesuai dengan bidang garapannya.
Mengadakan rotasi penugasan personal agar setiap personal dapat melaksankan tugas personal lain apabila personal lain berhalangan hadir.
Membina secara khusus kepada personal yang sering mengabaikan tugasnya.
Evaluasi Rencana Program Sekolah
Konsultasi dengan Pengawas Pembina dan Staf Dinas Pendidikan melalui Supervisi administrasi dan supervisi kegiatan.
Menugaskan Wakasek untuk mengevaluasi setiap program apakah dapat dilaksanakan atau tidak, serta dapat diinventarisir kendala-kendalanya
Data Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Data Pendidik berdasarkan pendidikan
Jenis Kelamin
Pendidikan
Jumlah
S2
S1
D3
L
4
29
1
34
P
5
30
–
35
Jumlah
9
59
1
69
Data Pendidik berdasarkan status kepegawaian
Jenis Kelamin
Status kepegawaian
Jumlah
PNS
NON-PNS
L
27
7
34
P
25
10
35
Jumlah
52
17
69
Data Pendidik berdasarkan golongan
Jenis Kelamin
Golongan/Ruang
Jumlah
IV/b
IV/a
III/c
III/b
III/a
L
7
12
1
1
6
27
P
6
11
–
–
8
25
Jumlah
13
23
1
1
14
52
Data Tenaga Kependidikan/TU berdasarkan pendidikan
Jenis Kelamin
Pendidikan
Jumlah
S1
D3
SMA
SMP
L
–
–
14
3
17
P
2
–
4
–
6
Jumlah
2
–
18
3
23
Data Tenaga Kependidikan/TU berdasarkan status kepegawaian
Jenis Kelamin
Status kepegawaian
Jumlah
PNS
NON-PNS
L
2
15
17
P
1
5
6
Jumlah
3
20
23
Data Tenaga Kependidikan/TU berdasarkan golongan
Jenis Kelamin
Golongan/Ruang
Jumlah
II/a
II/b
L
–
2
2
P
1
–
1
Jumlah
1
2
3
Data Sarana dan Prasarana Sekolah
Tanah dan Bangunan
No.
Sarana
Status Kepemilikan
Bukti Kepemilikan
Luas ( m2 )
1.
Tanah
Hak milik
sertifikat
9307 m2
2.
Bangunan
Milik Negara
sertifikat
2595 m2
3.
Pekarangan
Hak milik
sertifikat
314 m2
Gedung dan Ruang penunjang lainnya
No
Nama
Jumlah
1
Ruang Kelas
36
2
Lab. Komputer
1
3
Lab. IPA
2
4
Ruang BP/BK
1
5
Ruang Kepala Sekolah
1
6
Ruang Kasubag TU
1
7
Ruang Wakasek
1
8
Ruang Guru
1
9
Ruang TU
1
10
Ruang Perpustakaan
1
11
Ruang Percetakan/Risso
1
12
Ruang Koperasi/Fotokopy
1
13
Ruang Ekstrakurikuler
6
14
Masjid
1
15
Kantin
5
16
WC. Kepala sekolah
1
17
WC. Guru
2
18
WC. TU
1
19
WC. Siswa
20
Data Siswa
Jumlah Rombel dan Jumlah Siswa Tahun Pelajaran 2020/2021