Poltekkes Kemenkes Bandung bekerjasama dengan PT. Geo Dipa Energi (Persero) dan SMA Negeri 1 Ciwidey menggelar Pelatihan Manajemen Bencana Kelompok Sebaya Anak Sekolah Kenal Bencana (Pokbaya-Asal Kena) bagi SMA/SMK/MA Sederajat yang berada di lingkungan Kecamatan Ciwidey dan Sekitarnya pada tanggal 18-20 Juni 2021.

Kegiatan ini diselenggarakan sebagai upaya memberikan pemahaman dan mempersiapkan pelopor/kader siswa yang tangguh dalam menghadapi bencana, baik bencana alam maupun non alam seperti bencana pandemi covid-19 dan persiapan untuk menghadapi rencana Pembelajaran Tatap Muka.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala KCD Wilayah VIII Ibu Dra. Hj. Otin Martini, M.Pd. sekaligus membuka kegiatan pelatihan dan juga dihadiri oleh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Ciwidey.

Setelah mengikuti pelatihan ini, diharapkan para peserta lebih memahami dan terbiasa dengan budaya adaptasi kebiasaan baru, terlebih dapat menularkan pengetahuan dan kebiasaan mematuhi protokol kesehatan dalam masa adaptasi kebiasaan baru kepada siswa yang lain ataupun masyarakat sekitar. Selain itu, diharapkan mampu memberikan pertolongan pertama secara cepat dan tepat pada korban bencana yang boleh dilakukan oleh masyarakat umum sebelum datangnya tim medis ke lokasi bencana.