Hari Kesadaran Nasional di Indonesia diperingati pada tanggal 17 setiap bulan, biasanya lembaga pemerintah baik pusat atau pun daerah melaksanakan Upacara Bendera dalam memperingati hari kesadaran nasional terebut. Seperti di SMA Negeri 1 Ciwidey, kegiatan apel tersebut pun tak luput untuk dilaksanakan.

Hari Kesadaran Nasional memiliki makna penting untuk memantapkan kualitas pengabdian serta meningkatkan kecintaan kepada bangsa dan negara. Selaku abdi negara harus senantiasa berupaya untuk terus meningkatkan pelayanan kita kepada masyarakat, dengan peringatan Hari kesadaran ini diharapkan dapat termotivasi dan menyadarkan para pegawai bahwa ASN atau PNS itu sesungguhnya adalah pelayan.

Apel hari Kesadaran Nasional tersebut diikuti oleh seluruh civitas akademika SMAN 1 Ciwidey, sebagai salah satu wujud nyata pelaksanaan tugas dan tanggung jawab yang diamanahkan kepada kita semua.

Bapak Arif Hardiana, M.Pd., selaku Kepala SMAN 1 Ciwidey yang bertindak sebagai pembina apel, menegaskan dalam amanatnya bahwa meskipun dalam kondisi pandemi, kualitas pelayanan pendidikan harus tetap ditingkatkan.