Polsek Ciwidey _ Sebagai bangsa Indonesia yang baik untuk selalu mensyukuri kebhineka tunggal ikaan yang dimiliki Indonesia dan mengajak semua elemen bangsa untuk mewujudkan rasa syukur tersebut dengan aksi bela negara di berbagai lini. Kedepan tantangan yang dihadapi oleh bangsa ini semakin kompleks dengan adanya kemajuan teknologi yang sangat pesat yang semakin mempermudah kehidupan manusia.

Semangat pagi ini Stakeholder Kecamatan Ciwidey bersama sama datang ke sekolah dalam rangka kegiatan pemberian materi Bela Negara  dilingkungan SMAN 1 Ciwidey  Kec. Ciwidey Kab. Bandung. Selasa ( 05/03/2019 ).

Dalam kegiatan tersebut yg memberikan Arahan Letkol Marinir Drs. Dadan S Al Ayubi.
Hadir dalam kegiatan terseebut Dir Kersamik Marsma TNI Firdaus Syamsudin, S.Ip, Camat Ciwidey Karyadi Rahardjo A.AP, M.Si, Danramil Ciwidey Kapten Inf Rokhimin, Kapolsek Ciwidey AKP Ivan Taufiq, SH, KUA Ciwidey yg di wakili H Abdul Rozak, Kepsek SMAN I CIWIDEY Drs Taufik Rahmat, MM, Guru-guru dan Siswa-siswi SMAN I Ciwidey sebanyak 350 Orang.

Kegiatan pelatihan bela negara diisi dengan rangkaian kegiatan yang dirancang sedemikian rupa sebagai implementasi nilai nilai yang terkandung dalam sikap, keterampilan, dan kedisiplinan serta kepemimpinan generasi muda yang akan menjadi generasi penerus bangsa, dimana mereka harus dapat beradaptasi dengan tuntutan jaman serta bisa menjadi bagian dari kekuatan perubahan dan sekaligus untuk tetap sebagai komponen yang dinamis dalam mengisi peran dan fungsi yang komplementer bagi bela negara.

Perang proxy atau proxy war adalah terjadinya konflik yang disulut oleh lawan yang tidak saling bertarung secara langsung. Sebagai gantinya, mereka menggunakan pihak ketiga untuk melakukan pertarungan tersebut untuk mereka.

“Semakin selektif dan pandai-pandai dalam memfilter segala akulturasi budaya yang masuk dari luar dengan selalu berpedoman dan berpegang teguh pada ideologi negara dan jadilah bangsa yang mampu membawa Indonesia menjadi negara yang berdaulat, adil, dan makmur serta berkepribadian dalam kebudayaan. Jadilah manusia yang senantiasa hormat dan patuh dengan ibu-ibu kita selagi kita masih mampu, selalu kasihi beliau.”Pungkas Kapolsek AKP Ivan kepada para siswa siswi SMAN 1 Ciwidey.